Minggu, 06 Desember 2015

Persendian



Tulang-tulang di dalam tubuh manusia saling berhubungan satu dengan lainnya. Sambungan antara dua tulang atau lebih dinamakan persendian. Dengan adanya persendian membuat tulang-tulang di dalam tubuh dapat digerakkan. Berikut ini akan dijelaskan beberapa jenis persendian.




1.        Sendi Engsel
Yaitu persendian yang hanya dapat digerakkan ke satu arah saja seperti engsel jendela. Sendi ini terdapat pada lutut, siku, ruas jari tangan, dan ruas jari kaki.
2.        Sendi Peluru
Yaitu persendian yang dapat digerakkan ke segala arah. Contohnya adalah persendian pada pinggul, pangkal lengan, dan tulang leher.
3.        Sendi Putar
Yaitu persendian yang dapat digerakkan memutar. Contohnya adalah persendian antara tulang atlas (tulang leher pertama) dengan tulang tengkorak.
4.        Sendi Pelana
Yaitu persendian yang dapat digerakkan ke dua arah. Misalnya adalah persendian antara telapak tangan dengan pangkal ibu jari.
5.        Sendi Geser
Yaitu persendian yang memungkinkan terjadinya pergeseran antar tulang, dan biasanya terdapat diantarampermukaan dua tulang pipih. Contohnya persendian antara ruas-ruas tulang belakang, pergelangan tangan, dan pergelangan kaki.
6.       Sendi Kaku
      Yaitu persendian yang geraknya sedikit atau terbatas. Misalnya persendian yang terdapat pada     
       ruas-ruas tulang belakang.