Kamis, 10 Desember 2015

Perkembangbiakan Makhluk Hidup




Materi Kelas VI
Semester I

Makhluk hidup (manusia, hewan, dan tumbuhan) dalam mempertahankan kehidupan dan kelestarian populasinya mampu berkembangbiak. Cara berkembangbiak makhluk hidup bermacam-macam. Ada yang secara generatif (proses perkawinan, adanya sel jantan dan sel betina) dan vegetatif (tanpa adanya proses perkawinan). Hal tersebut dapat terjadi secara alami (tanpa campur tangan manusia) dan juga secara buatan (melalui atau dengan campur tangan manusia).


Sama halnya dengan makhluk hidup lainnya, manusia pun mengalami pertumbuhan, yaitu dari janin di dalam kandungan sampai manula. Ketika terjadi proses transisi diantara masa anank-anak menuju masa dewasa, banyak perubahan yang dialami. Perubahan tersebut (baik secara fisik maupun mental) berbeda antara laki-laki dan perempuan. Lalu bagaimana dengan hewan dan tumbuhan. Ternyata hewan dan tumbuhan mempunyai cara yang beraneka ragam. Mungkin kita masih ingat dengan istilah seperti ovipar, vivipar, ovovivipar, tunas, fragmentasi, membelah diri, setek, cangkok, penyerbukan, merunduk, dan lain-lainnya. Baca juga: PerkembangbiakanHewan, Perkembangbiakan Tumbuhan (dalam format kiosk).
baktimuguru.blogspot.com dalam kesempatan ini membahas semua hal tersebut meskipun terkesan singkat. Namun semua itu akan disajikan dalam bentuk presentasi yang menampilkan konsep dan gambar sehingga diharapkan lebih menarik dalam penyampaiannya kepada siswa. Bagi yang berminat silahkan download filenya.

http://downloads.ziddu.com/download/25125503/perkembangbiakan_MH.rar.html





File. rar
Size: 14.072 kb