Sabtu, 26 Desember 2015

Hantaran Panas

Materi Pelajaran Kelas VI
Semester I
Salam semangat buat para guru, semoga menyambut tahun baru 2016 penuh dengan semangat baru, baiklah di liburan semester ganjil kali ini baktimuguru.blogspot.com menyajikan materi tentang perpindahan atau perambatan panas. Energi panas yang berasal dari sumber panas dapat menyebar atau mengalir ke benda tertentu, artinya tidak semua benda dapat menjadi penghantar panas yang baik. Oleh karena itu penggunaan benda harus sesuai dengan bahan penyusun benda tersebut. Sebagai contoh panci atau wadah untuk memasak terbuat dari logam aluminium, kanapa? karena logam aluminium sangat baik sebagai penghantar panas, sehingga panas api dapat merambat ke aluminium dan memanaskan air yang ada di dalamnya. Demikian pula jika kita membuat secangkir teh dan mangduknya dengan air panas, maka lama kelamaan sendok tersebut akan terasa panas, karena panas dapat merambat pada sendok yang terbuat dari logam tersebut. 

Kedua contoh tersebut membuktikan tentang adanya perambatan panas pada benda yang dapat menghantarkan panas.
Dalam sains benda dapat dikelompokkan menjadi 2 macam berdasarkan dapat atau tidaknya menghantarkan panas. Kelompok benda yang dapat menghantarkan panas disebut konduktor dan yang tidak dapat menghantarkan panas disebut isolator. Kelompok benda isolator misalnya kayu, plastik, atau juga karet.
Dalam bahasan kali ini akan dijelaskan tentang kelompok benda tersebut, dan juga macam-macam cara perambatan panas. Konduksi, konveksi, dan radiasi berikut contoh dan penjelasannya yang disertai gambar rakan menjadi daya tarik tersendiri dalam presentasi kali ini. Meskipun sederhana semoga materi kali menjadi pemicu para guru dan pecinta pengetahuan, semoga dapat bermanfaat. bagi yang berminat silahkan download filenya.


http://downloads.ziddu.com/download/25148410/hantaran_panas.rar.html




filr.rar
size: 2.989 kb