Selasa, 08 Desember 2015

Ciri Khusus Makhluk Hidup (Presentasi)

Materi Kelas VI
Semester I

Setiap makhluk hidup telah dibekali dengan kemampuan untuk dapat bertahan hidup di habitatnya masing-masing. Oleh karena itu setiap makhluk hidup mempunyai ciri dan kemampuan khusus yang tentunya tidak dimiliki oleh maklhuk hidup lainnya. Misalnya kemampuan cecak untuk memutuskan ekornya saat tertangkap oleh kucing, kemampuan cumi-cumi mengeluarkan cairan hitam agar dapat lolos dari pemangsanya, atau kemampuan bunglon untuk mengubah warna tubuhnya sesuai dengan tempat hinggapnya dan lain-lainnya.


Tidak hanya hewan, tumbuhan juga mempunyai keunikan dan ciri khusus tersendiri yang membekali dirinya untuk mampu bertahan hidup di suatu habitat. Kaktus misalnya mempuyai kulit yang tebal dan daun yang kecil menyerupai duri untuk mengurangi penguapan. Sebaliknya dengan teratai yang mempunyai daun lebar dan batang berongga. Pohon jati yang mampu menggugurkan daunnya di musim kemarau dan lainnya. Semua itu adalah cara tersendiri dari tiap hewan maupun tumbuhan untuk dapat bertahan di habitat mereka.
baktimuguru.blogspot.com kembali membantu anda untuk mempresentasikan semua itu dalam slide-slide sederhana yang bertujuan untuk memberikan pembelajaran yang lebih menarik agar mudah dipahami siswa. Bagi anda yang berminat silahkan download filenya. Semoga bermanfaat.






File rar.
Size 20.676 kb