Sabtu, 09 Januari 2016

Struktur Tumbuhan

Salam semangat.
baktimuguru.blogspot.com tak henti-hentinya berupaya memberikan kemudahan belajar bagi para siswa dan juga rekan guru yang membutuhkan file-file pembelajaran sederhana namun cukup memberikan pencerahan demi kemajuan dunia pendidikan. Baiklah pada kesempatan kali ini baktimuguru.blogspot.com akan mengulas materi tentang tumbuhan, yaitu struktur tumbuhan. Pada bahasan materi kali ini akan diuraikan tentang bagian-bagian tumbuhan, baik yang termasuk struktur akar maupun struktur pucuk.
Struktur akar tumbuhan merupakan bagian tumbuhan yang terdapat di dalam tanah, sebagai alat untuk menyerap sari-sari makanan dan mineral dari dalam tanah. Secara garis besar akar terbagi menjadi dua, yaitu akar serabut dan akar tunggang. Tumbuhan apa saja yang memiliki akar tunggang dan tumbuhan apa saja yang mempunyai jenis akar serabut, serta contohnya masing-masing akan disajikan dalam pembahasan materi kali ini.

Selain struktur akar, tumbuhan juga memiliki struktur pucuk, yaitu bagian tumbuhan yang berada di atas tanah, mulai dari batang, daun, bunga, buah serta biji. Semua bagian tersebut akan dijelaskan serta diberikan contohnya masing-masing. Antara struktur akar dan struktur biji pada tumbuhan mempunyai keterkaitan, misalnya tumbuhan akar serabut merupakan tumbuhan yang memiliki biji berkeping satu atau monokotil, sedangkan tumbuhan berakar tunggang umumnya dimiliki oleh tumbuhan berbiji keping dua atau dikotil. Terkecuali tumbuhan dikotil yang proses perkembangbiakannya melalui cangkok atau stek, maka tumbuhan hasil cangkok atau stek tidak mempunyai akar tunggang.
Kemudian masalah batang tumbuhan, ada batang basah, batang kayu, dan batang rumput. Bunga tumbuhan yang terdiri dari bunga sempurna dan bunga tidak sempurna. Daun tumbuhan, yang sangat banyak jenisnya, tulang daunnya, tepi daunnya, serta lainnya akan dibahas dalam presentasi kali ini. Bagi yang berminat silahkan download filenya. Semoga bermanfaat.

http://downloads.ziddu.com/download/25173138/struktur_tumbuhan.rar.html





size: 15,2 mb